Name:
Location: Surabaya, East Java, Indonesia

Smart

Monday, January 09, 2006

Liputan Haji 2006

dikompile ulang oleh Reporter haji :
Sdri Asti Dwi Irfianti, dari berbagai sumber ;-)

Setidaknya 2, 5 Juta jamaah haji berbondong-bondong meninggalkan Mekkah menuju Mina pada Minggu tanggal 8 Januari 2006 selepas subuh, disebut juga hari Tarwiyah.

Bertolak ke Mina pada tanggal 8 Dhulhijjah merupakan Sunah Nabi Muhammad SAW.

Di Mina, jamaah menunaikan sholat dzhuhur, ashar, magrib, isya dan subuh pada tiap-tiap waktunya, dengan cara di qoshor masing-masing dua rokaat kecuali magrib dan subuh.

Jarak antara Mekkah dan Mina, sekitar 7 Km, namun kondisi jalan menyemut, sehingga kalau naik bis bisa berjam-jam lamanya. Banyak pula mereka yang berjalan kaki untuk menempuh jalan tsb terutama mereka yang selama di Mekkah menginap di Aziziyah cukup dekat sekitar 2-3 Km.

Kawasan Mina dan Padang Arafah yang biasanya sepi (*terdiri dari gurun pasir*), saat ini tampak ramai dengan tenda dan penerangan lampu yang amat sangat terang benderang. Malam hari srasa siang hari karena penerangan dari pihak pemerintahan Arab Saudi tak kurang-kurangnya memancarkan lampu sehingga menunjang kehidupan srasa 24 jam.

Di Mina, sebagian jamaah haji bermalam untuk melakukan tarwiyah.
Sedangkan di Arafah sebagian jamaah haji telah berdatangan untuk mempersiapkan Wukuf mulai Senin 9 Januari 2006.
Lautan manusia bergerak menuju Arafah - Mina (Armina), Sebagian Jamaah haji akan bermalam di Mina pada Minggu, sedangkan sebagian jamaah yang lain menuju Arafah. Selain berjalan kaki, para Jamaah haji juga naik bus, menyewa mobil maupun mobil pribadi.

Saat ini kendaraan-kendaraan yang sudah dipenuhi oleh Jamaah Haji sudah menyemut dijalan-jalan menuju Armina. akibatnya jalan menuju Thoriq Thaif (Jalan bebas hambatan menuju Mina dari kawasan Aziziah macet total.

Hingga pukul 14:00 WIB, antrian kendaraan sudah berkilo-kilo meter. Suara klakson dibunyikan para pengemudi mobil saling bersahutan membuat suasana menjadi ramai. Kemacetan lalu lintas ini salah satunya diakibatkan oleh larangan kendaraan melewati Jl. Thaif. Kendaraan ini dialihkan ke jalan lain. Diperkirakan semakin siang, kemacetan semakin panjang.

Para Polisi Arab Saudi sudah berada di titik jalan-jalan untuk mengatur lalulintas. Namun mereka tetap saja kesulitan mengatasi kemacetan, karena terlalu banyak mobil yang tumpah ke jalan.

Semoga bus bisa sampai dengan selamat, dan Jamaah haji bisa menunaikan kewajiban Rangkaian ritual Haji, seperti yang dicontohkan oleh bapak para anbiya Nabi Ibrahim AS serta Nabi Besar Muhammad SAW.
Amien..

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 Comments:

Post a Comment

<< Home