Name:
Location: Surabaya, East Java, Indonesia

Smart

Thursday, July 28, 2005

Pelaksanaan Perjalanan Haji

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jika Anda pengen menunaikan ibadah haji, nanti
Insya Allah bisa konsultasi ke Saya tentang tips dan trik yang perlu anda ketahui,
baik pria maupun wanita *huuu sok tahu yach* hehe..
gak papapaaaa GRATIS koq.. ;-)
Aku Mulai ingat-ingat dach.. peristiwa dua tahun lalu, jadi ini benar2 membuktikan bahwa kejadian di Tanah Suci itu masih tetap tidak pernah luntur, oleh siapapun yang mengalami. Walaupun sudah dua tahun terjadi.

Kenapa koq tidak dulu-dulu mbak Asti ceritanya ? yach dulu kan udah.. mungkin skarang Alhamdulillah sedang sempat sehingga diterusin lagi hobi nulisnya.

PELAKSANAAN PERJALANAN IBADAH HAJI

Pelepasan masuk asrama haji dan keberangkatan

1. Pelepasan untuk masuk Asrama Haji bagi para jamaah haji peserta KBIH YPJHI dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2004 pukul 12:00 di Masjid Al-Falh Jl. Raya Darmo no 137 A Surabaya.
yach ini yang aku ceritakan kemarin, orang-orang pada titip salam ke negeri mekkah, titip salam ke negeri madinah, yang aku gak mudeng maksudnya mungkin salam kangen atau salam agar nanti suatu saat bisa terpanggil untuk datang kesana.

Nah ini saat-saat mau berangkat diantar oleh sanak sodara serta keluarga. Foto ini diambil di samping Masjid Alfalah.










2. Pukul 15:00 WIB selesai sholat Ashar berjamaah para jamaah berangkat menuju ke Asrama Haji.

Selama 24 Jam di asrama Haji para jamaah akan- Mengumpulkan surat-surat dan Buku Kesehatan- Menginap di Asrama Haji sesuai kamar yang telah ditetapkan.- Mendapatkan pembinaan rohani dan manasik- Menerima Gelang, masker dan Informasi Haji

Siapa yang belon tahu Asramah Haji ? kalo belon tahu ayo tak anter sekarang ;-))
deket koq.. ;-)) waktu di Asrama Haji ini banyak jamaah yang masih dikunjungi oleh keluarganya.
Ada yang dari luar kota ada yang dari Surabaya sendiri.

Karena Asrama Haji ini untuk menampung para jamaah diseluruh wilayah Jawa Timur,
pusatnya di Surabaya.
Kalo Jawa Tengah pusatnya di Solo intinya yang deket dengan bandara dech..
Waktu masuk ke Asrama, semua dapat kamar. Trus pembagian kamarnya berdasarkan apa ?
Kalo di KBIH YPJHI sudah dibagi kelompok, Regu, dan boleh milih temen kamar.
Mungkin yang akrab, mungkin yang masih ada hubungan satu keluarga boleh menempati kamar yang sama, namun catatan, muslimah hanya boleh satu ruangan dengan muslimah. Laki satu ruangan ama laki-laki.

Gak ada ceritanya wanita campur laki-laki dalam satu kamar. Betul ndak ? hehe... meskipun suami istri gak boleh..
soalnya satu ruangan menampung sekitar 10 orang. Kecuali kalo satu ruangan hanya menampung dua orang saja !!

Itu adalah ciri khas jamaah haji Alfalah.
Di Asrama Haji itu masih ada dan sempat latihan manasik haji, dan ibadah sholat berjamaah di Masjid.
Hari Pertama pisah dengan keluarga, kami memiliki keluarga baru. Moto dalam pelaksanaan Ibadah Haji- KESETARAAN- PERSAUDARAAN- KEBERSAMAANYANG DIAPLIKASIKAN KHUSU' DALAM BERIBADAH DAN MENYENANGKAN DALAM PERGAULAN

Untuk buku kesehatan diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK), para calon jamaah haji harus melakukan pemeriksaan dan check up laborat disahkan oleh Dokter Puskesmas setempat. Dinyatakan Bebas, Sehat dan tidak diperbolehkan hamil.
Kalau Hamil, berarti harus ditunda keberangkatannya, meskipun sudah lunas dan beres Administrasinya.
peraturan seperti itu, mungkin karena mempertimbangkan bahwa ibadah haji itu sangat membutuhkan fisik yang kuat,
kasihan kalo ibu hamil terkadang harus berjalan berdesak-desakan mungkin pertimbangannya demi kesehatan ibu dan bayi.

Gelang, merupakan identitas berjalan, yang tidak basah karena air. Tak lapuk oleh musim ;-)
Gelang ini terukir nama kita, nomor dst.. yang jelas ada menunjukkan jamaah Indonesia..

3. Tanggal 12 Januari 2004 pUKUL 13:00 wib, para jamaah bersiap di ruangan BIR ALI untuk (*Bir Ali di Asrama Haji Surabaya*)- Menerima Informasi, Paspor, Dana Keperluan Hidup (Living Cost), Ticket Pesawat dan langsung masuk Bus untuk menuju Bandara Juanda.- Pukul 15:30 WIB para jamaah memulai perjalanan dengan pesawat menuju Madinah sekitar 10 - 11 Jam.- Selama dalam pesawat para KAROM tetap memantau keadaan jamaahnya, menggembirakan hatinya dan menganjurkan untuk banyak berdzikir atau beristirahat.

Kalo tidak salah Living Cost nya ini 1500 real. Sekitar 1500 X Rp. 2300 = 3.450.000
cukuplah untuk perbekalan selama hidup di Arab Saudi.. tak perlu khawatir. Kita dikasih sangu oleh pemerintah..
Uangnya ? dari uang kita sendiri, dikembalikan lagi.. dititipkan maksudnya supaya gak ilang hehe..

Perjalanan menuju Madinah selama 10 - 11 Jam. Cepet yach.. seperti perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dengan kereta Eksekutif. Atau perjalanan menuju Tasikmalaya (Rumah mertua) saya dengan naik Mutiara Selatan ;-) Wis pokoknya cepet banget, nda kerasa uda sampai luar negeri.

Sempat mengabadikan dengan pesawat Saudi Arabian Airlines..

Berangkat dari Bandara Juanda Surabaya sekitar jam 15:30 WIB dengan naik Bis dari Asrama Haji Sukolilo.
Perjalanan menuju Bandara Juanda, Itu orang-orang di jalan pada melambai-lambaikan tangan (*aduh merinding kalo ingat*).
Ternyata begini yach.. tamu Allah swt, begitu di istimewakan. Sesampai di Juanda, tidak ada pemeriksaan yang berbelit-belit. Kita melalui pintu KHUSUS yang disediakan untuk jamaah haji. Jadi begitu melewati pintu khusus tersebut, kita sudah masuk di dalam pesawat Saudi Arabia Airlines. Duch.. Gusti... keren banget ini pesawat, dalamnya kaya hotel ;-)
hehe..biar rada penasaran kaya hotel gimana sih maksudnya ;-)
Begitu masuk, kita mendapat sambutan dari para pramugari yang cuantek-cuanteeekk sekaleee... aku aja yang cewe bilangnya cuantek...koq.. mereka ada yang dari malaysia ada yang dari indonesia ada yang dari thailand tapi mereka muslim semua low... dan pake Jilbab. Nah ini bedanya..kalo pramugari pesawat laen mungkin ngga dibolehing pake Jilbab, tapi yang ini beda dong..kalo Pramugarinya gak pake Jilbab malah tidak diperkenankan ;-)
Trus setelah itu, kita ngeliat profile pesawat melalui televisi yang ada didepan kita, trus disitu diputer cara-cara menikmati perjalanan, memahami tanda-datanda peringatan, misalnya harus mematikan handphone, memasang sabuk pengaman dst...
Trus uda beres, kita dikasih makan, makannya itu enak-enak buanget. Trus dikasih minum, minumya itu enak-enak banget
disuruh milih ada jus mangga, ada jus jeruk, ada jus apel dst.. banyak dech...

Sholat Magrib di Atas pesawat, dilakukan berjamaah. Arah sholat yach..mengikuti pesawat.
Abis sholat magrib, dikasih kue, dikasih minum hangat dan disuruh milih, teh apa coffee. Trus udah gitu kita dibagiin selimut. Kalo bantal uda ada satu-satu di kursi. Itu kursi bisa dipasang buat tidur, karena ada alat pengatur otomatisnya.

Sambil menunggu waktu bobo, kita ngeliat TV, TV nya ada iklan perusahaan, barang-barang bermerek dan selang-seling dengan ditampilkannya view lokasi saat pesawat berada. Jadi para penumpang tahu banget, pesawat sedang berada dimana. Misalnya ketika melewati Samudra Hindia...Wuw..ternyata Samudra itu luas buanget, krn luama sekali nyebrangnya hehe..
Udah gitu waktu melewati India, berarti 4 jam lagi mau nyampai.

Dengan rahmat Allah, semoga selamat sampai di tempat tujuan.
Amien

__________________________________
http://adeasti.blogspot.com
http://perjalananhaji.blogspot.com
http://www.geocities.com/asti_ilkom2000
http://www.geocities.com/ahendi_irfianti

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

1 Comments:

Blogger johnsmith6794 said...

I really enjoyed your blog. This is a cool Website Check it out now by Clicking Here . I know that you will find this WebSite Very Interesting

5:36 PM  

Post a Comment

<< Home